Wednesday, March 7, 2012

Perusahaan Amerika Serikat Sediakan Layanan Mumi Modern

Sebuah perusahaan di Amerika Serikat (AS) mengungkapkan berhasil membuat mumi dari jasad manusia ataupun binatang. Mumi ini dilakukannya atas dasar pesanan.

Ini adalah mumi-mumi yang diciptakan di zaman modern. Lebih dari 1.500 orang menggunakan jasa dari Summum, perusahaan mumifikasi satu-satunya di dunia. Para pelanggannya adalah mereka yang meminta jasadnya untuk dimumifikasi setelah meninggal.   

Perusahaan yang terletak di Salt Lake City, Utah ini mengungkapkan bahwa klien mereka tersebar di berbagai negara termasuk selebriti dunia. Perusahaan tersebut juga melayani permintaan dari pemilik hewan peliharaan.

Puluhan hewan peliharaan, termasuk anjing dan kucing, burung merak dan burung kutilang, bahkan tikus juga telah diminta untuk menjalani pemakaman tradisional Mesir oleh pemiliknya.

Proses itu memakan waktu 90 hari. Organ dalam dibawa keluar dan dibersihkan, kemudian tubuh dibiarkan terhidrasi selama lebih dari 70 hari. Setelah itu ditutupi dengan lanolin dan lilin, dan dibungkus dengan kain kapas dan kasa. Tubuh kemudian disimpan dalam peti mati baja atau perunggu.

"Bahan kimia yang kita gunakan tidak berbahaya," ujar penasihat klien Summum Ron Temu seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (5/3/2012).

"Mumi kuno terlihat sangat kering, dan itu yang dipercaya masyarakat saat itu untuk tetap bisa menjaganya. Tapi kita malah melakukan sebaliknya, agar mumi tetap awet dan dapat dilestarikan maka kita harus menjaga proses hidrasi jasadnya," tambah pria ini.

"Itulah mengapa jasad mereka akan seperti tubuh yang baru saja meninggal, walaupun sudah ribuan tahun kemudian. Jika ada hewan mati, pemilik terlebih dahulu membawanya ke dokter hewan untuk dibersihkan, kemudian baru kita kremasi," tambahnya.  

Beberapa orang melakukan mumifikasi terhadap hewan peliharaan untuk disimpan di rumah mereka sendiri. Biaya yang dibutuhkan untuk memumifikasikan jasad cukup mahal. Untuk kucing dikeluarkan biaya 3.600 poundsterling atau sekira Rp52.4 juta (Rp14,561 per poundsterling).

Sedangkan untuk anjing, biaya yang dikeluarkan sebesar 15ribu poundsterling atau sekira Rp218,4juta. Sementara untuk mumifikasi manusia diberikan bandrol seharga 40 ribu atau sekira Rp581,9juta. 

Pihak Summum juga mengaku bahwa banyak orang yang mendaftar diri untuk dimumifikasi. Padahal mereka baru berusia 30 sampai 40 tahun. Bahkan diantara pendaftar itu juga ada orang tua di usia 50 dan 60 tahun.

No comments:

Post a Comment